Senin, 12 Maret 2012

UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF OLEH GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA SE-KECAMATAN KUTA UTARA

oleh
Ni Luh Ardiani
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan 1) upaya peningkatan pengelolaan kelas yang efektif oleh guru bahasa Indonesia, 2) hambatan yang dialami guru dalam upaya peningkatan pengelolaan kelas yang efektif oleh guru bahasa Indonesia, dan 3) respons siswa terhadap upaya peningkatan pengelolaan kelas yang efektif oleh guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di SMA Se-Kecamatan Kuta Utara. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel jumlah guru dan sekolah menggunakan proporsional sampling. Dengan demikian, dari tiga sekolah SMA yang ada di Kecamatan Kuta Utara (satu negeri, dua swasta), diwakili oleh dua sekolah (satu negeri, satu swasta). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, perekaman, kuesioner, dan wawancara. Metode observasi, perekaman,  kuesioner, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data upaya peningkatan pengelolaan kelas yang efektif oleh guru. Hambatan yang dialami guru dalam mengelola kelas diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Sementara itu, respons siswa diperoleh dari kuesioner yang dibagikan pada siswa yang ditunjang oleh observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada umumnya upaya peningkatan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru tergolong efektif. Upaya guru tersebut ditunjukkan dengan 1) mengatur waktu mengajar agar materi dan alokasi waktu sesuai, 2) menciptakan suasana kelas yang tenang dengan menerapkan disiplin waktu pengerjaan latihan, dan 3) memberikan motivasi dan perhatian kepada siswa dengan pandangan, pendekatan, dan penekanan hal-hal positif. Hambatan yang dialami guru bersumber dari media, bahan, dan kegiatan menarik yang bervariasi, serta dari faktor siswa. Respons yang ditunjukkan siswa pun cukup positif dengan presentase 76%.


Kata kunci : Pengelolaan kelas, proses pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators